Sabtu, 26 Maret 2011

IKUTAN KOMEN SOAL SINETRON. .

Tulisan ini dibikin murni karena kena pengaruh tulisan-tulisan laen yang udah duluan eksis di weblog soal sinetron. kalo mau spesifik, mentemen pasti tau deh sama sinetron putri yang ditukar tambah. Bukan maksud untuk langsung nge-judge soal sinetron, tapi setidaknya buat renungan kita lah, bagaimana situasi dan mutu sinetron di negara kita ini.


ya emang sih, seperti kata tulisan-tulisan yang saya baca di blog-blog, ceritanya terkesan mengada-ada, absurd dan gak jelas. (ini menurut saya, mungkin alur ceritanya jelas bagi yang sering nonton). disini yang harus kita soroti sebenernya bukan melulu kualitas sinetronnya, tapi efeknya itu loh, ke Ibu-ibu dan (sebagian) cewek-cewek yang mungkin suka. bayangin aja setiap hari nonstop tayang, sekali tayang 3-4 jam. kalo buat mereka yang masih sekolah gitu, itu kan jam-jam belajaar. buseeng. .

Lanjut!


Lagi. dari pihak Production House sendiri juga ingin mengambil keuntungan banyak dari sinetron, jadi seakan sengaja mengulur cerita, dan membuat tokoh baru, konflik-konflik baru, yang pasti bikin ceritanya jadi enggak berujung dan muteeer aja terus gak selese2. (inget deh Tersanjung or Cinta Fitri) in case sinetron PYD ini, sebenernya ujung ceritanya cuma satu! putri yang ditukar tambah tadi tuh balik ke orang tua masing2. end! hari gini gituh, tahun 2011, gak kepikiran tes DNA apah?! O_O

kasus laen, dari pihak PH juga kadang mengintervensi alur cerita/skenario yang udah bener2 dibikin sama sutradara dan tim kreatifnya. karena apa? karena PH merasa dia yang paham "pasar", yang katanya sih banyak di kalangan ibu rumah tangga dan pembantu. ini contohnya saya kutip dari catetan masova yang katanya dapet dari twit temennya yang seorang penulis skenario ftv-sinetron:


“Para penonton sinetron itu gak perlu dikasih cerita bagus atau dialog-dialog rumit cerdas!! Mereka gak bakal paham, nanti malah gak ditonton karena terlalu ‘berat’. Kasih cerita cemen yang sederhana saja! Pokoknya yang bikin penonton simpati. Ini gini, itu gini, trus gini gini…”  kira-kira seperti itulah dampratan produser setelah membaca naskah sinetron yang bagus dan ‘normal’.

weleh-weleeh. . emang sih, marketnya sinetron mungkin banyak pada ibu-ibu rumah tangga atau pembantu. tapi gak harus begitu juga kan, seharusnya kalo pemirsa sendiri nalar, mereka bakal nyadar kok kalo cerita sinetron terkesan mengada-ada. another example ini saya baca dari hermansaksono :
Ada adegan si tokoh utama, Amira lagi kejebak di gedung yang berisi kembang api. Dia punya waktu sekitar 5 menit (inget, 5 menit!) buat matiin sumbu itu. bukannya matiin sumbunya, malah mewek-mewek nangis gak jelas, sampe akhirnya ada Pak Prabu yang dateng nabrakin mobilnya ke gedung itu. dan jelas, dinding gedungnya dari gabus. . . . beh,
iya, bener. padahal itu sumbu selama lima menit kalo diludahin apa diinjek aja udah mati apinya..


kalo mau ngomongin soal buruknya karya perfilman di Indonesia, emang seakan nggak ada habisnya, dari konsep kostum superhero sampe soal poster film. alamaaak, kapan hari saya lanjut, capek ni. .  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar